Pengertian Flowchart, Fungsi, Simbol dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Flowchart, Fungsi, Simbol dan Jenis-Jenisnya
Apa itu Flowchart ?,Teman-teman sudah sering tentunya mendengar kata flowchart terlebih teman-teman yang kuliah di jurusan teknik informatika dan programming, Sebagian dari teman-teman mungkin sudah banyak yang tau pengertian fungsi dari flowchart secara garis besar, namun beberapa dari teman-teman mungkin masih ambigu dengan flowchart .
flowchart memang sering dikaitkan dengan dunia pemrograman terutama dalam pembuatan sebuah algoritma pemrograman, karena memang antara algoritma dan flowchart itu memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain.
Sebelumnya kita mempelajari apa itu flowchart serta jenis-jenis alangkah baiknya terlebih dahulu jika teman-teman juga memahami tentang algoritma, karena seperti yang digambarkan sebelumnya bahwa flowchart ini sangat berkaitan dengan algoritma

Baca Juga : Apa Itu Algoritma?

Pada kesempatan kali ini kita sama-sama membahas apa itu flowchart serta jenis-jenis dari flowchart itu sendiri.

Pengertian Flowchart, Fungsi, Simbol dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Flowchart

Secara umum pengertian dari flowchart adalah kumpulan dari suatu bagan atau gambar-gambar tertentu yang menyatakan alur dari sebuah proses atau instruksi secara detail dimana proses tersebut saling berhubungan antara satu proses dengan proses lainnya dengan menggunakan simbol-simbol tertentu. flowchart dapat juga kita sebut dengan Diagram Alir.
Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, bahwa flowchart sangat erat kaitannya dengan algoritma dan pemrograman. 
Kurang lebih seperti ini gambaran dari flowchart teman-teman, Secara garis besar fungsi utama dari flowchart adalah untuk mempresentasikan kaidah-kaidah atau pun instruksi-instruksi yang telah kita peroleh melalui algoritma dan nanti kita membuatnya kedalam bentuk bagan atau gambar-gambar dengan menggunakan simbol-simbol yang telah tertentu. Sehingga kita dapat memperoleh sebuah gambaran dari alur proses yang akan kita lakukan. Nantinya hasil dari bagan atau gambaran alur yang telah kita peroleh tadi yang akan kita terjemahkan kedalam bentuk program dengan menggunakan bahasa pemrograrman tertentu, sehingga program yang kita rancang lebih terstruktur serta memiliki alur yang jelas.
Flowchart tidak harus selalu kita kaitkan dengan dunia pemrograman, dalam kehidupan sehari-hari pun kita dapat menerapkannya namun dengan ranah ilmu yang berbeda juga.
Seperti contoh mungkin teman-teman sering melihat struktur organisasi yang di pajang dengan baliho di mading sekolah, atau struktur pelayanan di pemerintahan, perusahaan, rumah sakit, bank dan lain sebagainya. Nah struktur tersebut adalah bentuk dari umum flowchart sendiri, namun mungkin penyebutan atau pun fungsi dari flowchart untuk setiap instansi nya tentu juga berbeda-beda. Tapi setidaknya dapat memberi kita gambaran seperti apa itu flowchart dan bentuk dari implementasinya.

Fungsi Flowchart

Setelah kita memahami pengertian dan fungsi flowchart secara garis besar, kita bisa membayangkan seperti apa itu flowchart , namun terlepas dari itu semua flowchart memiliki tujuan dan fungsi yang perlu kita ketahui, sehingga kita bisa lebih memahami fungsi dari flowchart berikut ulasannya : 
1. Menyelesaikan masalah
Setiap masalah yang akan kita pecahkan, kita dapat menerapkan flowchart dalam penyelesaiannya agar dalam memecahkan permasalahan tersebut kita lebih terarah dan tidak keluar dari tujuan serta hasil yang akan kita capai.
2. Merepresentasikan Algoritma
Dalam mengerjakan sebuah project program biasanya seorang programmer akan membuat gambaran dari program yang akan dirancang secara detail menggunakan flowchart atau yang sering disebut SDL (Specification and Description Language) , yaitu sebuah gambaran yang dapat memetakan serta memberikan deskripsi dari sistem yang akan dirancang. Tujuannya agar program yang dirancang lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan.
3. Mengelola Alur Kerja
Dalam dunia kerja flowchart sangat banyak digunakan karena memang dengan menggunakan  flowchart alur dari sebuah pekerjaan lebih terarah dan terintegritas serta dapat menciptakan hasil dan target yang diharapkan dalam sebuah proses kerja.
4. Perancangan Proyek Baru
Ketika kita akan merancang suatu proyek, tentu kita menginginkan agar proyek dapat terlaksana dengan baik, maka dengan menggunakan Flowchart hal itu dapat kita wujudkan, karena kita dapat meracang alur dan proses kerta tujuan dari proyek yng akan kita rancang.
5. Memodelkan Proses Bisnis
Dalam berbisnis selain untuk memperoleh keuntungan yang besar tentu kita juga memikirkan agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan konsisten, flowchart dapat kita manfaatkan dalam bisnis tersebut, sehingga kita memiliki sebuah permodelan yang rinci dalam menjalankan bisnis serta dapat menggambarkan keputusan serta prediksi keuntungan dalam bisnis.
6. Mendokumentasikan Setiap Proses
Di zaman sekarang setiap proses membutuhkan dokumentasi dari proses yang dilakukan dengan tujuan agar proses yang dilakukan dapat di pertanggung jawabkan serta untuk menjadi acuan dan referensi untuk proses baru kedepan nya. Dengan flowchart hal tersebut dapat kita wujudkan karena dengan adanya flowchart dalam proses yang kita lakukan kita dapat menyimpannya sebagai dokumentasi yang berguna jika kita butuhkan pada lain waktu.
7. Merevisi Proses yang sudah berjalan
Secara umum, flowchart dapat digunakan untuk mencari kelemahan atau pun kekurangan dari hasil yang telah kita kerjakan seperti kekurangan beberapa tahap atau adanya proses yang terlewatkan, maka dengan flowchart kita dapat melihatnya karena sistem proses yang kita lakukan telah kita gambarkan dengan detail dari awal pekerjaan dimulai

Keuntungan Flowchart

Selain memiliki beberapa fungsi utama, dalam penerapan nya flowchart juga memiliki beberapa keuntungan sebagai berikut :
1. Memiliki tujuan dalam setiap gambaran yang dirancang.
2. Mudah untuk diimplementasikan.
3. Bisa menjadi peta atau blueprint dalam sebuah pekerjaan.
4. Dapat dijadikan patokan (bencmark).
5. Bisa dijadikan pedoman dalam proses operasional.
6. Dapat digunakan untuk hal yang sifat umum.
7. Sebagai dokumentasi yang bisa di pertanggung jawabkan.
8. Menjadi gambaran dari tujuan yang akan dicapai.
9. Mempermudah dalam mengambil keputusan.

Simbol-simbol Flowchart

Dalam membuat sebuah flowchart sebenarnya tidak ada aturan-aturan tertentu yang mengikat atau pun yang perlu kita ketahui, sebab secara umum flowchart dibuat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing. Namum meskipun begitu bukan berati pembuatan flowchart sesuka hati atau tidak terstruktur. 
Khusus dalam dunia pemrograman penulisan flowchart memang diatur dalam beberapa aturan kecil yang berupa simbol-simbol standar yang nanti dapat mempermudah para programmer dalam meracang sebuah flowchart untuk gambaran program yang akan dirancang.
Dalam penulisannya simbol flowchart terdiri atas tiga kategori yaitu Simbol Arus (Flow Direction Symbols), Simbol Proses (Processing Symbols), Simbol Input-Output (I/O). Untuk lebih jelasnya bagaimana gambaran dan fungsi ketiga kategori simbol tersebut berikut penjelasannya.

1. Simbol Arus (Flow Direction Symbols)

Simbol arus merupakan simbol penghubung antara satu alur dengan alur lainnya, simbol arus terdiri atas beberapa macam simbol, diantaranya :
Pengertian Flowchart, Fungsi, Simbol dan Jenis-Jenisnya

2. Simbol Proses (Processing Symbols)

Simbol proses adalah simbol yang digunakan saat penggambaran sebuah proses dalam flowchart , berikut jenis-jenis simbol proses :
Pengertian Flowchart, Fungsi, Simbol dan Jenis-Jenisnya

3. Simbol I/O (Input-Output)

Simbol Input-Output berhubungan dengan masukan dan keluaran dari flowchart yang kita rancang, dimana jenis dari simbol I/O terdiri atas :
Pengertian Flowchart, Fungsi, Simbol dan Jenis-Jenisnya

Jenis-Jenis Flowchart

Selain memiliki simbol-simbol dalam penulisan nya, flowchart juga memiliki beberapa jenis yang terdiri dari :

1. Flowchart Sistem

Flowchart Sistem merupakan bagan atau gambaran dari alur kerja yang terbentuk dari suatu sistem, dengan kata lain flowchart sistem digunakan untuk menggambarkan serta mendeskripsikan suatu alur kerja yang sedang dilakukan dalam bentuk grafik dengan urutan prosedur-prosedur secara ter struktur, jelas dan detail
Flowchart Sistem bisa berupa sebuah data yang dapat digunakan untuk transformasi sebuah proses kerja baik itu secara online yang terhubung antara satu jaringan dengan jaringan lainnya atau pun dengan cara offline seperti mesin kasir, kalkulator dan sebagainya.

2.Flowchart Dokumen

Flowchart Dokumen merupakan flowchart dalam bentuk laporan atau formulir yang menjelaskan proses-proses dari sebuah pekerjaan yang berbentuk tembusan-tebusan dengan bagan dan alur tertentu. Flowchart dokumen sering juga disebut dengan alir formulir atau form formulir karena bentuknya berupa formulir dan laporan, untuk simbol-simbol dalam pembuatan flowchart dokumen sama dengan simbol yang digunakan oleh flowchart sistem.

3.Flowchart Skematik

Flowchart Skematik hampir sama dengan flowchart Sistem yakni untuk menggambarkan proses dan prosedur sebuah dalam bentuk sistem, simbol-simbol nya pun hampir sama, hanya saja dalam flowchart dokumen simbol yang digunakan lebih lengkap dan lebih kompleks, itu semua karena flowchart skematik lebih banyak menggunakan beberapa gambar dari tools-tools komputer yang nanti dapat mempermudah orang yang tidak terlalu familiar dengan flowchart dalam memahaminya. 
Namun dengan menggunakan gambar dan tools-tools tersebut sedikit memakan waktu yang agak lama karena memerlukan membuat gambar dari alur tersebut terlebih dahulu.

4.Flowchart Program

Flowchart Program merupakan bagan yang menjelaskan secara rinci langkah-langkah dari proses program. 
Secara umum Flowchart Program terdiri dari dua macam :
1. Flowchart Logika Program (Program Logic Flowchart) merupakan flowchart yang digunakan untuk menggambarkan langkah di dalam program secara logika
2. Flowchart Program Komputer Terinci (Detailed Computer Program Flowchart) digunakan untuk mempersiapkan analisa flowchart secara terperinci oleh komputer.

5.Flowchart Proses

Flowchart Proses atau yang biasa disebut sebagai process flowchart adalah flowchart rekayasa industrial yang dapat memecahkan dan menggambarkan suatu proses dalam bidang industri dengan tujuan untuk mempelajari dan menganalisa sistem produksi yang sedang berjalan serta untuk mengembangkan proses manufacturing industri.
Dalam penerapan nya flowchart proses menggunakan lima buah simbol tersendiri seperti yang dapat kita lihat pada gambar dibawah ini :

Demikian ulasan tentang Pengertian dan Jenis flowchart , dengan memahami pengertian dan jenis-jenis serta fungsi dari flowchart kita dapat mengerti bahwa sangat banyak kegunaan dari flowchart . Bahkan dengan menggunakan flowchart pekerjaan yang kita lakukan akan semakin mudah dan efisien tentunya yang paling utama adalah tujuan proses kerja dapat digambarkan dengan jelas.

Semoga artikel tentang pengertian dan jenis flowchart dapat memberi wawasan lebih luas lagi kepada teman-teman tentang flowchart .

Terima Kasih !!!

Adhaiskhazifa

1 komentar:


EmoticonEmoticon