Ini Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Ini Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer
Apa sih perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer ? Pertanyaan ini sering ditanyakan bagi teman-teman yang baru mengenal ketiga nama program studi perkuliahan ini dan tentunya teman-teman pada bingung buat nentuin perbedaan spesifik dari ketiganya. Terutama bagi teman-teman yang baru lulus dari SMA, SMK dan sederajatnya yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang perkuliahan dan mau mengambil jurusan yang memiliki ruang lingkup ilmu komputer atau pun Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Pada artikel kali ini Adhaiskhazifa akan mencoba menjelaskan tentang apa yang menjadi perbedaan mendasar dari ketiga jurusan tersebut.
Sebelum itu, kita perlu mengetahui terlebih dahulu bahwa pada dasarnya kurikulum dari program studi Teknologi Informasi dan Komunikasi ini dalam dunia pendidikan mencakup kepada lima bidang program studi yaitu :
1. Teknik Informatika / Ilmu Komputer (Computer Science)
2. Sistem Informasi / Manajemen Informatika (Information System)
3. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
4. Teknologi Informasi (Information Technology)
5. Sistem Komputer / Teknik Komputer (Computer Engineering)

Nah, sebagian besar universitas maupun perguruan tinggi di Indonesia lebih banyak menyediakan tiga dari kelima bidang program studi yakni Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Sistem Komputer dan hanya beberapa universitas dan perguruan tinggi yang menyediakan kelima bidang program studi tersebut.

Lah, kenapa emangnya, kok yang duanya lagi nggak terlalu banyak disediakan ?
Emangnya Rekayasa Perangkat Lunak dan Teknologi Informasi itu nggak terlalu penting ya ?

Esst tunggu dulu, Jadi begini teman-teman di Indonesia kelima bidang jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, lebih diperkecil ruang lingkupnya menjadi tiga program studi, dan bukan berarti yang dua nya lagi dikesampingkan, sebagian besar universitas maupun perguruan tinggi, di dalam program studi Teknik Informatika nanti akan ada silabus materi tentang pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak, sedangkan untuk Teknologi Informasi dikategorikan kedalam bidang ilmu dengan program prodi dari Sistem Informasi nantinya, tapi perlu diingat juga, nggak semua universitas atau perguruan tinggi juga yang menerapkan dan menggunakan sistem seperti yang dijelaskan.

Trus apa perbedaan dari Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer ?

Oke kita bahas satu persatu penjelasan jurusan nya agar teman-teman paham perbedaan dari ketiganya, karena memang ketiga jurusan ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan, baik itu dari segi materi perkuliahan, modul, silabus, tugas akhir dan sebagainya.

Walaupun sama-sama mempelajari tentang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi dan Komunikasi namun tentu masing-masing jurusan nya memiliki bidang keahlian nya masing-masing, berikut ulasannya.

Ini Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi danTeknik Komputer

Teknik Informatika / Ilmu Komputer (Computer Science)

Ini Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer
Teknik Informatika adalah kombinasi antara Software Engineering dan Computer Science dimana dalam perkuliahan nantinya lebih fokus kepada pengembangan software atau pun program aplikasi komputer. 

Teknik Informatika sangat menekankan kemampuan individu dalam mempelajari tentang bagaimana merancang dan mengembangkan sebuah sistem algoritma komputasi, algoritma robotica, mengatasi sebuah masalah dengan memanfaatkan teknologi komputer menggunakan proses-proses logika algoritma atau yang sering kita sebut dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), merancang dan mengembangkan sebuah sistem aplikasi, program komputer dan perangkat lunak dari komputer.

Secara garis besar kurikulum dari teknik informatika meliputi pembelajaran tentang algoritma, logika matematika, komputasi, arsitektur komputer database sistem dan lain sebagainya.

Mata kuliah yang akan dipelajari nantinya adalah, algoritma, kalkulus, struktur data, pemrograman (Programming), rekayasa perangkat lunak (RPL), pengembangan perangkat lunak (Software), kecerdasan buatan (Artificial Intelligence), basis data (Database System), Sistem Operasi (Operation System), jaringan komputer dan mata kuliah pendukung lainnya.

Baca Juga : Pengertian Algoritma ?

Untuk penamaan prodi dari Teknik Infromatika disetiap universitas dan perguruan tinggi juga bervariasi seperti : Teknik Informatika, Ilmu, Komputer, Ilmu Komputasi, Informatika, Ilmu Informatika, Matematika Komputasi, dan lain sebagainya.

Sistem Informasi / Manajemen Informatika (Information System)

Ini Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer
Apabila Teknik Informatika adalah prodi mengkombinasikan antara Software Engineering dan Computer Science maka, Sistem informasi adalah prodi yang mengkombinasikan antara Computer Science dengan ilmu bisnis dan manajemen. 

Dalam perkuliahan Sistem Informasi lebih fokus kepada analisa atau pun menerapkan teknologi informasi terhadap sebuah proses bisnis dengan tujuan mengimplementasikan sistem informasi dalam bisnis dan organisasi perusahaan. Sistem Informasi lebih tepatnya adalah sebuah jurusan penghubung atau jembatan antara teknologi informasi dengan dunia bisnis.

Sehingga nantinya dalam sistem informasi individu lebih diharapkan dapat menganalisa sebuah sistem informasi teknologi dalam bisnis serta menerapkan teknologi tersebut terhadap bisnis. Dan bagaimana menganalisa sistem yang ada dapat digunakan dengan baik serta efektif dan mencapai tujuan bisnis. Dalam sistem informasi selain dituntut untuk memahami ilmu komputer dan bisnis, individu juga dituntut agar dapat berkomunikasi dengan baik dan efektif agar nantinya dapat melakukan negosiasi bisnis dengan klien bisnis.

Kurikulum dari Sistem Informasi sendiri lebih kepada strategi bisnis, mempelajari aspek distribusi bisnis yang nantinya akan diproses dan diterapkan kedalam sistem teknologi, memastikan teknologi yang digunakan sejalan dengan bisnis, serta mengintegrasikan solusi dan memenuhi kebutuhan teknologi dalam bisnis. 

Penamaan prodi Sistem informasi pun di universitas dan perguruan tinggi di Indonesia juga beragam seperti Manajemen Sistem Informasi, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Sistem Informasi Manajemen, Manajemen Informasi, dan lain sebagainya.

Sistem Komputer / Teknik Komputer (Computer Engineering)

Ini Perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer
Jika teknik informatika dan sistem informasi lebih fokus kepada pengembangan sistem dari perangkat lunak atau software maka lain hal nya dengan sistem komputer. Sistem komputer adalah jurusan yang lebih berkutat kepada bagaimana merancang dan mengembangkan sebuah perangkat keras atau hardware dari komputer

Sistem Komputer sendiri merupakan kombinasi antara ilmu Teknik  Electro dan Ilmu Komputer. Dimana dalam Sistem Komputer ini individu lebih ditekankan agar memahami perancangan perangkat yang berbasiskan elektronika dan sistem digital dengan baik.

Kurikulum dari Sistem Komputer yaitu bagaimana merancang sebuah perangkat keras yang dapat digunakan dan dikembangkan untuk masa yang akan datang, mempelajari bagaimana desain perangkat keras dengan baik, serta dapat mengimplementasikannya dalam teknologi komputer. 

Untuk penamaan jurusan dari Sistem Komputer juga bervariasi seperti Teknik Komputer, Sistem Komputer, Rekayasa Perangkat Keras, Komputerisasi Digital, Ilmu Komputer Digital, Rekayasa Komputer, dan lain sebagainya. Tergantung dari universitas dan perguruan tingginya.


Nah, setelah kita membahas tentang perbedaan dari Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer maka pertanyaan selanjutnya adalah jurusan manakah yang lebih baik diantara ketiganya dan lebih menjamin untuk masa depan karir teman-teman nantinya ?

maka jawabannya kembali ke teman-teman masing, karena setiap jurusan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing-masing apapun itu jurusan nya, tergantung dari kita nya yang menilai dan tergantung minat teman-teman maunya ambil jurusan apa.

Jika teman-teman menyukai pembelajaran seperti  matematika, statistika maupun pemecahan masalah dengan menggunakan logika-logika sederhana serta memang ingin menjadi seorang Programmer, Software Engginer, Network Engginer atau pun profesi yang berhubungan dengan pengembangan suatu sistem komputer lainnya, maka teman-teman sangat cocok untuk memilih jurusan Teknik Informatika. 

Jika teman-teman menyukai analisa serta pengembangan teknologi dalam bisnis teman-teman sangat cocok kuliah di sistem informasi karena nantinya teman-teman akan mempelajari bagaimana penerapan sebuah sistem informasi dalam bisnis,

Namun jika teman-teman lebih tertarik untuk mempelajari tentang perangkat keras dari komputer, perancangan perangkat keras, membuat alat-alat canggih yang mengikuti perkembangan teknologi misalnya maka sistem komputer adalah pilihan yang tepat buat teman-teman.

Berbicara tentang karir masa depan karir dari Teknik Informatika, Sistem Informasi, Sistem Komputer, pastinya akan menjadi jaminan yang cukup baik dengan alasan perkembangan zaman teknologi yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, tentunya kebutuhan sumber daya manusia yang memiliki keahlian bidang teknologi komputer dan sebagainya juga sangat dibutuhkan, serta teman-teman juga memiliki peluang yang besar dalam bekerja baik itu bekerja di perusahaan, menjadi freelancer atau pun entrepreneur.

Semuanya itu juga kembali ke teman-teman, karena gini teman-teman sebesar apapun peluang dalam dunia kerja nantinya, kalau teman-teman tidak memiliki skill dan passion dalam bidang tersebut tentu teman-teman juga tidak bisa bersaing dengan orang-orang hebat dari luar sana yang memiliki keahlian dan kemampuan yang luar biasa untuk memperebutkan peluang yang ada tersebut. Namun begitu juga sebaliknya jika teman-teman menguasai bidang ilmu yang teman-teman miliki, sekecil apapun peluangnya, pasti teman-teman bisa mengatasi dan bahkan teman-teman yang akan mengambil peluang kecil tersebut. serta yang paling utama yaitu dengan kemampuan yang teman-teman miliki tersebut teman-teman pun tidak ragu untuk bersaing dengan jutaan orang dari luar sana untuk bertarung dengan teman-teman didunia kerja nantinya.

Sekian artikel tentang perbedaan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman tentang perbedaan mendasar dari ketiga program situ tersebut.

Terima kasih !!!

Adhaiskhazifa

Komentar


EmoticonEmoticon