8 Lagu Indonesia Yang Mengandung Perkembangan Teknologi

8 Lagu Indonesia Yang Mengandung Perkembangan Teknologi
Lagu adalah sebuah luapan perasaan atau pun pesan yang dituangkan oleh seseorang tentang kehidupan dirinya maupun orang sekitarnya, yang kemudian perasaan tersebut disampaikan lewat media suara dengan diiringi musik agar enak didengar.
Tidak terkecuali perasaan tentang penilaian seseorang terhadap perkembangan dunia teknologi. Banyak musisi di Indonesia yang menyanyikan lagu bertemakan tentang perkembangan teknologi, manfaat, serta dampak perkembangan teknologi dan media sosial masa kini.
Berikut beberapa musisi Indonesia yang dalam lagunya membahas tentang bagaimana pandangan mereka terhadap dalam kehidupan menurut versi Adhaiskhazifa.

8 Lagu Indonesia Yang Mengandung Perkembangan Teknologi

1. Canggih - Petra Sihombing

Lagu yang dinyanyikan oleh musisi Petra Sihombing yang rilis sekitar awal tahun 2020  ini menceritakan tentang bagaimana kehidupan manusia di era teknologi yang serba canggih, dan selalu berusaha untuk mengejar kecanggihan tersebut sehingga kita pun larut didalam perkembangan teknologi yang mustahil akan kita kejar.
Lewat lagunya Petra Sihombing menyampaikan pesan kepada para pendengarnya agar kita sebagai manusia dapat  mengendalikan diri dari kemajuan teknologi. Sehingga kita dapat mengintrospeksi diri dan memberikan sebuah pesona baru terhadap diri kita.
Potongan lirik.
“Hidup memang harus canggih, Tapi pastikan kau yang pegang kendali, Perhatikan nafas mu, Degup irama mewah tersyahdu, Beri beri tubuhmu pesona, Sebagaimana yang semestinya”
Dengerin lagu Petra Sihombing - Canggih yuk !!!


2. ITJ - Budak Teknologi

Ibnu The Jenggot (ITJ) adalah salah satu rapper indonesia yang selalu membawakan lagu yang bernafas islami masa kini, sangat banyak lagu rap dari ITJ yang menyampaikan pesan-pesan moral tentang kehidupan.
Salah satu lagunya yaitu Budak Teknologi lagu yang menggambarkan tentang bagaimana kehidupan manusia yang berlomba-lomba mengikuti kemajuan zaman, mengukur derajat dari jumlah pengikut dunia maya, serta orang-orang yang berusaha dengan segala cara demi mendapatkan kesenangan dunia maya.
Lagu Budak Teknologi juga berpesan kepada para pendengarnya agar lebih bijak dalam menggunakan kemajuan teknologi dan menggunakan teknologi sebagai sarana dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.
Potongan lirik.
“Tidak ada yang salah bila kita mengikuti kemajuan zaman, Bijak dalam memilih mana yang harusnya jadi panutan, Bukanlah alasan hanya untuk mengejar ketertinggalan, Teknologi sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Tuhan ”
Dengerin lagu ITJ - Budak Teknologi yuk !!!


3. Saykoji Feat Guntur Simbolon - Gojekin Aja

Siapa yang tidak tahu perusahaan teknologi bidang jasa ternama Gojek, sebuah sarana angkutan jasa yang membantu dalam rutinitas yang kita kerjakan, itulah yang dituangkan oleh seorang penyanyi rapper ternama indonesia Saykoji kedalam lagunya yang berjudul Gojekin Aja dimana dalam lagu ini saykoji duat bersama Guntur Simbolon.
Lagu Gojekin Aja dirilis sekitar 4 tahun yang lalu dan kerennya lagu dari Saykoji ini diupload tidak di channel miliknya melainkan di channel resmi miliki Gojek Indonesia.
Dalam lagunya Saykoji menceritakan tentang bagaimana besarnya manfaat dari kehadiran gojek ditengah-tengah kehidupannya sehari-hari di kota besar Jakarta, lewat liriknya Saykoji juga menceritakan dirinya yang menggunakan jasa dari Gojek dalam bepergian, memesan makanan, mengirim paket, serta keuntungan dari jasa Gojek yaitu nggak kenal dengan yang namanya kemacetan.
Potongan lirik.
“Hemat waktu aku tetap melaju, Mau Cepat dijalanan gojek, Mau pesan makanan gojek, Yang selalu sedia tuk berpacu, Mau Titip belanjaan gojek, Mau paket diantarkan gojek”
Dengerin lagu Saykoji Feat Guntur Simbolon - Gojekin Aja yuk !!!


4. Pangjek - Ojek Online

Jika Saykoji menceritakan tentang pengalamannya menggunakan jasa Gojek, lain halnya dengan lagu dari Pangjek yang berjudul Ojek Online. Lagu Ojek Online menceritakan tentang seseorang yang berstatus sebagai driver Ojek Online, lewat lagunya Pangjek menceritakan tentang bagaimana kemudahan seorang driver ojek di zaman serba online serta penggunaan handphone pintar masa kini.
Dengan kemudahan tersebut sang driver dapat mencari nafkah dengan lebih mudah untuk kehidupan sehari-hari.
Potongan lirik.
“sekarang gojeker semuanya, Udah pada bisa online, Pakai hape pintar masa kini, Jadi pada bisa move on, Kami maju tak gentar membawa yang bayar, Tinggal klik pilih langsung bersedia Siap, iya, narik lagi”
Dengerin lagu Pangjek - Ojek Online yuk !!!


5. Ras Muhammad And Daddy T - Teknologi

Lagu yang dinyanyikan oleh Ras muhammad dan Daddy T ini mengisahkan tentang dampak dari kemajuan teknologi yang justru bukannya memberikan kesejahteraan tetapi justru sebaliknya, sifat manusia yang terlalu sombong dan selalu merusak bumi tercinta.
Liriknya secara keseluruhan lebih membahas tentang kerusakan-kerusakan akibat dari adanya teknologi yang bertujuan merusak dan harapan jalan keluar dari keadaan tersebut.
Potongan lirik.
“Manusia dengan kelakuannya, Selalu cepat 'tuk besar kepala, Manusia selalu merasa bangga atas ulah dan kesalahannya, Mesin dibangung, penemuan baru, guna menghancur, Apakah itu benar membantu manusia 'tuk maju?, Peradaban tak bisa menguasai bumi”
Dengerin lagu Ras Muhammad And Daddy T - Teknologi yuk !!!


6. Saykoji -Online

Teman-teman masih ingat nggak dengan lagu yang cukup populer tahun 2009 dari Saykoji yang berjudul Online. Lagu Online rilis pada tahun 2009 dengan lirik yang sangat enak untuk didengar.
Lagu Online sendiri sebenarnya adalah curhatan dari saykoji sendiri tentang kehidupannya terhadap perkembangan teknologi pada saat itu dan bagaimana orang-orang di sekitarnya dalam menggunakan teknologi dan media online yang populer pada saat itu seperti facebook, friendster, myspace dan youtube.
Potongan Lirik.
“Biar belum sikat gigi belum mandi, Tapi kalo belum online paling anti, Liat friendster myspace youtube me and him, Everybody you too
Siang malam ku selalu menatap layar terpaku, Untuk Online Online Online Online, Jari dan keyboard beradu, Pasang earphone denger lagu, Aku Online Online Online Online”
Dengerin lagu Saykoji - Online yuk !!!
Walaupun lagu ini sudah cukup lama dan hampir sebagian liriknya sudah tidak relevan dengan zaman sekarang, namun belakangan ini Saykoji kembali membuat versi terbaru dari lagu Online yang liriknya diubah agar cukup relevan dan sesuai dengan perkembangan taknologi pada saat ini.
Potongan lirik
“Biar belum sikat gigi belum mandi, Tapi kalo belum push rank paling anti, Liat apa yang viral diyoutube me and him, Everybody you too
Siang malam ku selalu menatap layar terpaku, Untuk Online Online Online Online, Jempol dan layar beradu, Online shopping pada laku, Aku Online Online Online Online”

Dengerin lagu Saykoji - Online Terbaru yuk !!!


7. T-Tive - MIRC

Lagu selanjutnya yang menceritakan tentang kehidupan di zaman teknologi yaitu Lagu MIRC (Malam Ini Ramli Chatting Lagi) dari T-Five, lagu ini sudah cukup lama yang rilis pada tahun 2001.
Lagu ini menceritakan seseorang laki-laki bernama ramli yang dijuluki siramli raja chatting, dimana ramli pada lagu ini selalu berkutat didepan komputer untuk melakukan chatting serta perjuangan ramli dalam mencari pacar dunia maya.
Potongan lirik.
“Si Ramli raja mirc di bumi ini, Bertemankan sahabat sejati sebuah pc, Setiap hari si Ramli on line sampai pagi, Seperti semedi, lupa mandi, lupa gosok gigi”
Dengerin lagu MIRC - T-Five yuk !!!


8. Power Metal - Dampak Teknologi

Power Metal adalah salah satu band asal Indonesia beraliran Heavy. Lagu Dampak Teknologi adalah album mereka pada tahun 1992. Dalam lagunya Power Metal menceritakan tentang manusia yang rela merusak alam demi berlomba-lomba untuk menciptakan alat canggih membangun gedung-gedung tinggi mesin-mesin robot dan perperangan teknologi dalam kemajuan zaman yang semakin tidak terkendali.
Potongan lirik.
“Manusia makin lupa daratan, Menggusur satwa dan merajah hutan, Melebarkan sayap 'tuk berperang, Di mana gedung-gedung kaca mulai menjulang, Di sana mesin-mesin robot mengancam, Laut, sungai, dan sawah semua jadi lahan, Diterjang budak-budak ambisi kerakusan”
Dengerin lagu Power Metal - Dampak Teknologi yuk !!!



Dari deretan lagu diatas kita dapat mengambil kesimpulan tentang bagaimana dampak teknologi terhadap kehidupan kita sehari-hari, perkembangan teknologi selalu memberikan dampak positif dan negatif terhadap penggunanya namun itu semua kembali pada diri kita tergantung pada kita menyikapinya.

Sekian, 8 Lagu Indonesia Yang Mengandung Perkembangan Teknologi semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan teman-teman.

Terima Kasih !!!

Adhaiskhazifa

Komentar


EmoticonEmoticon