8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola

 8 Tekbologi Canggih Dalam Sepak Bola
Sebuah teknologi diciptakan dengan tujuan utama adalah untuk memudahkan manusia dalam melakukan segala kegiatannya, tidak terkecuali dunia olahraga terutama olahraga yang paling digemari diseluruh dunia yaitu sepak bola.
Dalam sepak bola sudah banyak teknologi-teknologi canggih yang diciptakan dengan tujuan agar pertandingan yang berlangsung semakin fairplay serta meminimalisir kesalahan-kesalahan yang menyebabkan kontroversial antara pemain, official, wasit, penyelenggara pertandingan terutama suporter sepak bola itu sendiri, dan yang paling utama yaitu agar pertandingan semakin menarik untuk disaksikan dan ditonton oleh penggemar sepak bola. 

Berikut adhaishkafiza mencoba menguraikan 8-teknologi canggih dalam dunia sepak bola yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Goal Line Technology GLT

8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola
Goal Line Technology atau teknologi garis gawang  adalah sebuah teknologi yang dapat mengetahui apakah posisi bola sudah berada dalam gawang atau belum serta dapat membantu wasit dalam mengambil keputusan dengan benar apakah gol tersebut sah atau tidak.
Cara kerja dari GLT terdapat dua metode yang pertama yaitu memasang kamera dengan menggunakan sistem sensor dipasang di berbagai sudut stadion dengan target utama adalah dua gawang di lapangan dengan tujuan untuk mendeteksi saat bola memasuki gawang atau tidak, nantinya sistem sensor otomatis akan mengirim informasi dalam bentuk sinyal ke jam tangan yang digunakan wasit sehingga wasit dapat mengetahui dengan cepat apakah terjadi gol atau tidak.
Metode yang kedua yaitu menghubungkan bola yang sudah terpasang Microchip dengan kabel tipis yang tertanam didalam rumput dibawah seluruh garis lapangan sedalam 10-20 cm, atau disebut juga dengan GoalRef. Kabel yang berada dalam rumput akan menciptakan sebuah medan magnetik, serta Microchip yang berada dalam bola akan bereaksi apabila mengenai medan magnetik tersebut. Selanjutnya informasi tersebut akan diperoleh oleh wasit melalui jam tangan yang dikenakan oleh wasit selama pertandingan berlangsung.

2. Video Assistans Referee (VAR)

8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola
Video Assistant Referee atau Teknologi VAR adalah sebuah teknologi juga diterapkan dalam dunia sepak bola, dalam penerapannya teknologi VAR akan memasang kamera diseluruh sudut lapangan kemudian dalam kamera tersebut akan diawasi dalam ruang kendali oleh asisten wasit di ruang kendali yang bertugas memantau kamera saat pertandingan berlansung.kamera tersebut juga dilengkapi dengan kamera super slow-motion dan kamera ultra slow-motion yang mampu merekam pertandingan dengan sangat detail disaat momen-momen berlangsung cepat.
Jika terjadi sebuah kejadian seperti gol, penalti, pelanggaran serta pemberian kartu merah dalam pertandingan namun wasit ragu dengan keputusannya, maka wasit dapat menghentikan pertandingan sementara untuk melihat VAR dan wasit dapat melihat kembali rekaman ulang pertandingan lewat pemutaran VAR, sehingga nanti wasit dapat membuat keputusan dengan akurat dan tepat yang bisa diterima oleh seluruh pemain.
Teknologi VAR trending setelah digunakan dalam gelaran Piala Dunia 2018 Rusia, saat ini sudah banyak liga top eropa yang menggunakan Teknologi VAR dalam pertandingan liga yang diselenggarakan. 

3. Microchip Ball

8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola
Microchip Ball atau teknologi chip adalah sebuah teknologi dimana ada chip yang dipasang dalam bola yang digunakan untuk pertandingan, nantinya chip tersebut akan terhubung dengan kabel yang terpasang medan magnet yang berada didalam rumput serta dapat memberikan informasi kepada wasit melalui jam tangan yang dikenakan oleh wasit selama pertandingan.
Dengan menggunakan Microchip Ball ini wasit dapat mengetahui dengan cepat apakah terjadi gol, bola keluar lapangan, handball. Teknologi ini sudah banyak digunakan dalam pertandingan besar seperti Piala Dunia, Liga Champion, Liga Europa dan liga-liga top di Eropa.

4. Teknologi EPTS

8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola
Electronic Performance and Tracking Systems (EPTS) adalah sebuah teknologi yang dapat mendeteksi seluruh kejadian selama pertandingan berlangsung serta dapat menganalisa statistik pemain.
Teknologi APTS ini berupa sebuah alat dipasangkan di badan atau jersey pemain. Sehingga offical dan pelatih dapat mendeteksi kualitas pemain didalam lapangan seperti stamina, kebugaran sprint, serta detak jantung pemain selama pertandingan secara realtime. Dengan adanya teknologi ini sebuah tim dapat memetakan taktik sebuah pertandingan dengan baik

5. Hawk-Eye

8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola
Hawk-Eye atau teknologi mata elang adalah teknologi yang memanfaatkan kamera disetiap sudut lapangan yang bertujuan untuk memantau setiap pergerakan dari pemain didalam pertandingan. Hawk-Eye juga bertujuan untuk memantau sebuah kejadian dalam pertandingan seperti pelanggaran, Goal, Penalti, handball, Diving dan lain sebagainya.
Hawk-Eye dapat melihat seluruh kejadian secara utuh serta kemana perginya arah bola saat pertandingan berlangsung dan, dalam penerapannya Hawk-Eye juga dibantu oleh wasit yang berada dekat garis gawang yang nanti juga dapat membantu wasit utama dalam mengambil keputusan, Hawk-Eye digunakan untuk menyempurnakan penerapan Teknologi VAR dan GLT dalam pertandingan.

6. Footbonaut

8 Teknologi Canggih Dalam Sepak Bola
Footbonaut adalah sebuah teknologi yang diterapkan oleh pemain dalam sesi latihan sehingga dapat semakin meningkatkan kualitas, kontrol, operan dan teknik bermain seorang pemain. Teknologi Footbonaut pada dasarnya adalah sebuah cara untuk melatih kecepatan dan keakuratan Passing Ball dan operan para pemain dimana saat latihan pemain.
Cara kerjanya adalah dimana pemain harus melakukan operan cepat kedalam 64 kotak buah yang menyala dengan berbagai macam warna dalam kota tersebut. Kotak tersebut memiliki warna kuning dan hijau. Warna hijau menandakan kotak belum terkena operan, warna kuning menandakan bahwa pemain terlalu lama melakukan operan. 
Dalam latihan pemain akan menerima bola sebanyak mungkin dengan kecepatan bola sekitar 60-120 kilometer per jam, dan pemain harus mengontrol dengan dada, kaki, kepala, serta melakukan operan passing dengan tepat selama  kurang lebih 15 menit kedalam kotak yang telah tersedia.

7. Jersey Penyerap Keringat

Jersey pemain memang selalu mengalami perkembangan desain dari masa ke masa dan selalu memberikan kesan yang identik bagi sebuah tim yang mengenakan jersey tersebut. Para pemain yang menjalani pertandingan dengan stamina penuh selama 90 menit tentu akan menguras keringat para pemain. 
Oleh karena itu muncul sebuah inovasi teknologi yang dapat mengurangi tingkat keletihan pemain dari segi keringat, yap jersey penyerap keringat, jersey yang dirancang dapat menyerap keringat para pemain dan menyaring suhu panas serta memberikan temperatur yang dingin bagi para pemain, sehingga pemain akan merasa segar dan tetap bisa bermain dengan performa terbaik mereka selama pertandingan

8. Sepatu  Detector

Sepatu Detector merupakan salah satu teknologi yang dapat mengukur tingkat kebugaran dari pemain. Sepatu Detektor dapat mendeteksi tingkat keletihan atau kekurangan stamina dari pemain, serta dapat mendeteksi apakah pemain mengalami cidera kecil atau ada yang tidak beres terhadap otot kaki pemain dan anggota tubuh yang lain.
Cara kerja teknologi Sepatu Detektor adalah pemain akan memasang sebuah chip pada sepatunya kemudian apabila pemain mengalami sesuatu yang dapat membahayakan stamina atau fisik pemain, maka chip secara otomatis akan mendeteksi kejadian tersebut dan memberikan sinyal kepada sebuah alat untuk menganalisa sistem dari chip tersebut.
Tujuan dari alat ini adalah untuk meminimalisir cidera yang akan dialami oleh pemain, Walaupun pada penerapannya rata-rata pemain professional sangat jarang memperhatikan cidera kecil yang mereka alami saat pertandingan sedang berlangsung.


Itulah beberapa teknologi-teknologi canggih yang digunakan dalam sepak bola menurut versi Adhaiskhafiza dan masih banyak lagi teknologi-teknologi lainnya yang digunakan dalam sepak bola untuk kedepannya, agar sepak bola semakin sportif dan fairplay.

Semoga ulasan diatas dapat menambah wawasan teman-teman.

Terima Kasih !!!

Adhaiskhazifa

Komentar


EmoticonEmoticon